Okey kali ini saya akan ngeshare nih cara melepaskan part - part gunpla dari runnernya dengan baik dan benar.



untuk para pemula atau yang baru mulai merakit gunpla pasti bingung dan mungkin klo yng g bingung dengan cara melepaskan partnya mungkin pakai cara seadanya, nah di sinilah saya akan berbagi sedikit ilmu mengenai cara melepaskan part gunpla dari runnernya.

Nah kira - kira alat - lat apa saja sih yang di perlukan ? nih saya share sedikit alat - alat standarnya :


1. Tang Potong


kenapa pake tang potong? ini digunakan untuk menghindari salah potong pada part . kenapa? karena ada beberapa part yang sulit untuk di lepaskan dari runner jadi lebih amannya pake tang potong, tang potong memang ada beberapa jenis tapi saya sendiri lebih nyaman menggunakan yang "Eye Brand" knp? karena kalo yang eye brand itu kecil dan mata tangnya juga terlihat yang paling cocok untuk runner, tapi ya kembali lagi ke selera agan - agan .
nah usahakan saat memotong part , kita memberi jarak sedikit dari nub yang dekat dengan part kenapa krn klo tidak akan ada bekas putih pada partnya.

2. Pen Cutter

nah Pen Cutter ini duganakan untuk menghilangkan nub - nub yang menempel pada part nah selain untuk menghilangkan nub pen cutter juga bisa untuk membuat lining pada part - part gundam
   
3. Cutting Mat
Cutting Mat sendiri digunakan untuk dasar saat anda memotong part gunpla, membersihkan dll.
cutting mat sendiri ada 3 ukuran ada A4, A3, A2 , jujur klo saya lebih nyaman pake A3 karena pas dengan meja saya hahaha.

4. SandPapper/ Amplas



digunakan untuk membersihkan sisa nub juga , dan lebih aman daripada menghilangkan nub dengan cutter pen. Selain itu bagi yang ingin gundamnya dicat,  amplas berfunsi untuk membersihkan part yang sebelum dilakukan pengecatan agar cat yang nanti di aplikasikan pada gundamnya dapat menempel dengan baik. Tapi itu untuk penganut paham "No Paint Method", terkadang menggunakan amplas untuk gundamnya agar terlihat kusam, karena jika tidak di amplas gundamnya terlihat sedikit glossy dan beneran terlihat seperti mainan.

jenis amplas yang digunakan saya sarankan pake amplas tamiya yang kusus untuk mokit karena kekasarannya berbeda dengan amplas tukang bangunan :D dan harganya g mahal kok cukup Rp 35rb aja,
untuk grid yang digunakan biasanya no. 600, 800, 1000, dan 1200. tapi biasanya penulis hanya menggunakan yang 800 dan kemudian dihaluskan dengan yang 1000.

nah itu cara sederhana untuk melepaskan dan membersihkan plat gunpla anda dan kalo belum jelas mungkin bisa melihat tutorial di bawah ini. lihat aja caranya g usah di pikir bhs.inggrisnya :D
sekian dulu.









1 komentar:

widget

 
Top